Friday 30 August 2013

PERSIAPAN SEBELUM APPLY PRAMUGARI




Yap.. gue pernah baca2 di suatu blog seorang pramugari garuda apa aja yang akan di tes dan di butuhkan ketika lo mau daftar jadi pramugari.. sekilas aja ya..
1. Surat lamaran yang sudah di submit ke airliness tempat kalian mau mendaftar..jangan lupa tulis resume yang lengkap sebagai nilai tambah..misalnya kaian bisa berbicara dalam beberapa bahasa, orgasisasi yang pernah diikuti..

2. Pastikan bahwa kalian sehat secara jasmani dan rohani..menjadi seorang aircrew itu beda sama jadi model..kalau model atau bintang iklan yang penting cantik secara fisik yang lainnya tidak perlu..beda dengan jadi seorang aircrew yang membutuhkan kecerdasan IQ,EQ dan SQ
Kalian butuh IQ yang cerdas karena buku kalian semua dalam bahasa inggris dan kalian harus bisa memahaminya bukan cuma ngerti isinya..
EQ dibutuhkan supaya kalian bisa mengatur diri saat berhadapan dengan penumpang

3. Walk in interview
Ini tahap kedua setelah surat lamaran yang kalian kirimkan diterima, biasanya kalian akan ditelepon untuk datang dan dinilai..ga usah dandan dengan lebai.karena kalian bukan mau kondangan, ga usah sok seksi juga..toh kalian ga mau jual..dandan senatural namun bright..rambut ditata rapi..

Pada tahap ini, para pelamar akan masuk dalam satu grup kecil berisi 5-10 orang untuk dilihat cara berjalan dan ketulusan kalian ketika tersenyum..

4. Psikotest
Test potensi diri ini dilakukan ditahap berikutnya saat lolos dari walk in interview.. Mungkin kalian bisa baca buku mana aja soal psikotest atau lolos dari psikotest..tapi itu artinya membohongi diri bukan? Kenapa? Karena kalian sebenarnya hanya menampilakn apa yang dibutuhkan..bukan kalian sebenarnya..

5. Wawancara kompetensi
Bisa sampai tahap ini? Heyyy selamat..artinya kalian sedikit lg melangkah menjadi seorang queen in the sky..
Tahap ini akan melibatkan psikolog yang akan melihat jati diri kalian..ga usah bersikap berlebihan, sok pede..perusahaan akan butuh orang yang bisa dibentuk sesuai dengan imej perushaan bukan orang yang memakai identitasnya sendiri..kalau tidak tau lebih baik menjadi seseorang yang berkata jujur "maaf saya tidak tahu" dibanding menjadi nona segala tahu..

6. Wawancara user
Tahap ini, membuat kalian para calon aircrew berhadapan dengan pihak HrD yang akan bertanya mengenai keinginan kalian menjadi seorang pramugari..jawab sejujur mungkin.. Karena pekerjaan pramugari itu berat lho :D bukan cuma jalan jalan cantik dan senyum senyum didepan penumpang..tapi kalian juga kudu wajib harus sanggup bersihin toilet yang mungkin ada pipis dan pup yang tercecer kemana mana disaat kalian lagi makan..kudu wajib dan bisa tetap tenang disaat ada kejadian darurat..

7. Tes kesehatan
Hah,udah bisa sampe tahap ini? Cihuuuy dikit lagi kalian bisa jadi rekan satu team saya deh...
Di tes kesehatan ini kalian bakalan di cek dr ujung rambut sampe ujung kaki...
Yap, dilihat riwayat penyakit yang ada..cek gigi,cek mata dan buta warna serta beberapa tes lagi..lumayan jadi medical check gratis buat kita kalau kalau ternyata ada penyakit tersembunyi..

8. Tes pantauan terakhir..
Disini kalian bakalan pake seragam kebanggaan kami, kebaya modern dan kain sarung batik untuk dilihat aura kalian saat jadi awak kabin..cocok atau tidak :D
Nah, tulisan ini gue kutip dari blog seseorang yang udah jadi pramugari, gue lupa nyayet alamatnya.. “maaf “ hehhee
 oke, mungkin bisa berguna dan bisa menjadi sedikit bayangan buat lo yang mau daftar jadi pramugari.. selamat mencoba! :D

0 comments:

Post a Comment